Rabu, 10 September 2014

" PERKEMBANGAN WEBSITE/WEB "

    
Assalmualaikum  Wr . Wb  


        Hai, Gan, Sorry ya ane udah lama banget  enggak posting  informasi sama sekali, kira - kira  hampir  1 tahun ane enggak posting apa - apa  hehehehehehehe .....Sorry Gan.
Ok Gan, ane punya informasi nih buat siswa - siswi yang lagi ngetren ngomongin tentang " WEBSITE "  ane mau ngasih sedikit pengetahuan tentang " PERKEMBANGAN WEBSITE/WEB "

   Ok, langsung aja Gan.......... let's Goo !!!

" PERKEMBANGAN WEBSITE/WEB "

    
    Ada yang tahu Apa itu " WEBSITE ...... ???

       Web atau Website adalah salah satu contoh aplikasi/sarana yang mengupayakan adanya pemindahan ruang informasi publik, dengan harapan dapat menjadi media umum dengan berbagai kegunaan seperti Share tentang semua informasi, seperti share tentang pelajaran sekolah, hiburan maupun bisnis. Tidak sulit bagi siapapun untuk menemukan sarana ini ( website) di dunia maya. Sebab hampir semua penyampaian informasi ( data, berita, hiburan, pelajaran, pengetahuan, social content ) di zaman yang modern ini memakai web. Jika dianalogikan atau diumpamakan sebagai sebuah rumah, web juga memiliki posisi singgah (alamat) yang sewaktu-waktu dapat Anda kunjungi saat Anda sedang berselancar atau  sedang menggunakan jaringan internet. Alamat yang dimaksud adalah URL (Uniform Resource Locator), contohnya seperti :   

       Jadi, cukup dengan akses internet, melalui  ketikkan URL ( Uniform Resource Locator) yang Gan akan tuju  pada bar browser  seperti ( mozilla firefox, chorme, internet opera, hao 123, flock ), maka Anda dapat berkunjung ke web manapun, kapanpun Anda mau. Mudah, bukan ..??? caranya Dalam perkembangannya, web dibuat tidak hanya karena kegunaannya saja, namun lebih dari itu.  
       Mau tau apa kelebihannya ???? 

       Kelebihannya dengan menggabungkan nilai seni dari  designer web nya dan berusaha menarik perhatian pengunjung web agar web tidak hanya sekedar digunakan tetapi juga indah dilihat atau dipandang. Nah, Gan pasti semakin tertarik bukan untuk lebih mempelajari  perkembangan makhluk ajaib ini dari awal keberadaannya hingga sekarang ??? hehehehe .....

Web 1.0
        Layaknya anak sulung yang baru lahir, aplikasi ini dikenal dengan sebutan web 1.0 (web versi 1). Di sinilah, sejarah keberadaan web dimulai, dimana web masih bersifat statis atau masih kaku. Web 1.0 hanya memberikan Anda satu pilihan kepada pengunjungnya, yaitu fasilitas membaca & hanya searching saja. Mungkin akan lebih mudah memahami jika Anda menemukan web yang representasinya demikian. Intinya, web hanya berinteraksi sepihak. Pengunjung tidak dapat melakukan hal lain selain membaca informasi yang disajikan.   
  
Web 2.0
       Merupakan versi kedua dari  pertumbuhan teknologi web. Tentu kali ini, web yang dikembangkan tidak kaku dan dirasa lebih dinamis dari versi yang pertama. 

       Kelebihan Web 2.0  : 
       1. Pengunjung tidak hanya dapat membaca atau melihat content yang disajikan 
       2. Dapat melakukan kegiatan editing ( membuat tulisan/mengisi content/menambah dan mengurangi isi )
      3. Adanya fasilitas drag and drop bisa dilakukan (disediakan feature yang memungkinkan untuk          menambah/mengurangi fungsionalitas seperti menambah Chat,facebook & Social media ). Contoh web versi ini adalah wikipedia, blog, jejaring sosial yang juga menambahkan fungsi chat (ngobrol langsung) seperti facebook. Web 2.0 juga bisa disebut dengan web application atau social networking.

Web 3.0
       Ialah Web versi ketiga ini, memiliki sebutan semantic web sebab konsep semantic (semantic technology: semantic search, semantic database) mulai diterapkan. Sejauh ini, web 3.0 masih dikembangkan hingga sekarang. 

 Web 4.0 
       Merupakan Web versi ke-empat dari perkembangan teknologi web, teknologi ini juga mengharapkan kemampuan web sebagai mesin yang cerdas. Yakni konsep kecerdasan buatan (seolah-olah mendekati kecerdasan manusia) ditanamkan dalam versi ini (intelligent web). Sebutan lainnya adalah web os ( os=operating system ) karena memang dirancang mirip os komputer yang Anda pasti sudah kenali bagaimana rumit dan cerdasnya. Namun, tahap pembangunannya masih dalam rencana ke depan ( future web ) Menarik bukan ?
   
   Kalau mau tahu lebih jelas nya ente boleh kunjungi alamat di bawah ini :  
Sumber : http://telkomspeedy.com/node/414 
                http://id.wikipedia
 
Sekian dulu yaaa informasinya.... !!! semoga informasi di atas bermanfaat bagi ente semua...

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar