Minggu, 14 September 2014

" Mengenal profesi seseorang di dunia We/Website "

" Mengenal profesi seseorang di dunia We/Website "


   Kehadiran internet disambut juga dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru, termasuk didalam hal pembuatan website. Dalam urusan membuat web maka muncul profesi-profesi baru yang terkait di dalamnya, seperti web programming, web designer, web administrator, webmaster dan masih banyak lagi. kita akan membahas satu persatu profesi-profesi dalam dunia website tersebut. 

  • Web Developer
  •    web developer seorag yang berprofesi  memberikan bantuan mengenai konsultasi teknis, konsep web yang dibuat, membangun website dan layanannya, mengimplementasian system keamanannya (web security) dan lain-lain. Nantinya web developer juga bisa dipecah-pecah lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. web developer biasanya berbentuk perusahaan atau agency, yang terdiri atas web design, web programming dan masih banyak lagi. Web developer juga berperan sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, seperti koneksi database, membuat halaman website yang dinamis, Sampai mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut. 
  •     Aplikasi yang biasanya harus dikuasai oleh seorang web developer diantaranya: 
1. HTML(XHTML) 
2. JavaScirpt 
3. CSS Server Side: ASP, ASP. NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby dan sebagainya.

  • Web Designer
    Web designer umumnya bertugas untuk membuat berbagai hal yang berhubungan dengan desain web yang dibuat, seperti pengolahan citra, foto, unsure grafis web yang dibuat, layout web, Pembuatan logo(jika belum ada), pembuatan tomboh, CSS layout dan masih banyak lagi. 
   Kemampuan yang harus dikuasai bagi seorang web designer diataranya:
1.  Adobe Photoshop 
2.  Adobe Ilustrator 
3.  Adobe Flash HTML.
4.  (XTML),CSS,JavaScript Dreamweaver,frontpage Aplikasi yag disebutkan tersebut tidak mesti semuanya dikuasai, tetapi akan lebih baik jika semuanya bisa dikuasai. Ada keuntungan yang di peroleh jika memiliki profesi sebagai web designer. keuntungannya kita bisa bekerja jgua sebagai desain grafis, lain hanya jika kita seorang designer grafis yang ingin menjadi web designer, tentu akan menemukan sedikit kesulitan, Adapun 
Gaji yang bisa didapat seorang Web Designer rata - rata : Rp. 1.500.000 - Rp. 4.000.000


  • Web Programming
    Web programming memiliki tugas dalam hal coding atau pemrograman, terutama jika website yang dibuat adalah web dinamis, jika berminat menjadi seorang web programming maka kita harus mengausai bahasa pemrograman diantaranya:
1.  HTML(XHML) 
2.  CSS 
3.  JavaScript 
4.  PHP ASP Java Ajax Database(MySQL,PostgresSQL,Oracle) Pengusasaan terhadap HTML, CSS dan PHP saja sebenarnya sudah cukup untuk menjadi modal bagi seorang web programmer. Seorang web programming harus bisa bekerja sama dengan web designer, sebagai biasanya pekerjaan pertama dilkaukan oleh web programming dan dilanjutkan oleh web designer, bisa juga malah kebalikannya.  Adapun 
Gaji yang bisa didapat seorang Web Programming rata - rata  : Rp. 2.000.000 - Rp. 5.000.000


  • Web Animator
   Web animator biasanya memiliki tugas khusus dalam membuat hal-hal yang berhubungan dengnamotion, Seperti dalam pembuatan banner, teks animasi, seperti iklan dan masih banyak lagi. Tetapi bisanya juga web animator haru bekerja keras ketika web yang dibuat adalah full flash artinya semua hal dibuat dengan flash. 
   Jika ingin menjadi web animator maka harus menguasai: 
1. Adobe Flash Action Script 
2. Adobe photoshop 
    Seorang web animator juga harus bisa menguasai program desain grafis seperti photoshop, Sebab jika tidak menutup kemungkinan harus berkolaborasi dengan software ini. Selain itu web animator juga harus menguasai action script, terutama dalam penggunaan Adobe flash. Peranan web animator biasanya terkadang dipegang juga oleh web designer.


  • Web Master
     Profesi web master sebenarnya bisa mencakup semuanya, bahkan sampai memelihara website yang sudah online. Web master juga bertanggung jawab terhadap SEO (search engine optimation), meng-update konten, konfigurasi keamanan website dan bisa juga memoderasi sebuah forum. Seorang web master harus memiliki kemampuan dalam hal konsep yang dibuat, makanya dalam sebuah tim yang besar seorang web master bisa dijadikan pemimpin. 
    Jika kita ingin menjadi seorang web master maka beberapa hal ini harus dikusai diataranya:
1.  HTML(XHTML) 
2.  CSS 
3.  JavaScript 
4.  PHP, ASP, Java Database (MySQL,PostgreSQL,Oracle), Adobe Flash, Adobe photoshop Domain, Hosting dan jaringan Semuanya memang tidak perlu kita kuasai akan tetapi akan lebih baik jika kita bisa menguasai semuanya terutama jika kita salah seorang web master freelance. Adapun Gaji yang bisa didapat seorang Web Master rata - rata : Rp. 3.500.000 - Rp. 7.000.000.

               http://roniyulianto.com
               http://sarerea.tripod.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar